BINGUNG ATUR MENU BUKA? YUK INTIP ANEKA MACAM MENU BUKA PUASA YANG SEDERHANA DAN PRAKTIS

BINGUNG ATUR MENU BUKA? YUK INTIP ANEKA MACAM MENU BUKA PUASA YANG SEDERHANA DAN PRAKTIS


Puasa selama seharian penuh mulai dari waktu subuh hingga masuk waktu maghrib, menahan diri dari segala hal-hal buruk serta makan dan minum pasti menjadi sebuah perjuangan tersendiri. Tak heran bila banyak yang sibuk mempersiapkan segala sesuatunya, termasuk untuk menyambut waktu berbuka.

Diartikel kali ini saya akan membagikan Panduan Menu Berbuka Puasa, Menu Buka Puasa Yang Sederhana dan Murah dan Menu Sehat Berbuka Puasa. Jadi jangan sampai kelewatan ya. 

Panduan Menu Buka Puasa Yang Sederhana Dan Praktis

Pada bulan suci Ramadhan buka puasa selalu di jadikan momen – momen yang paling ditunggu – tunggu setiap harinya. Karena pada saat buka puasa setiap keluarga akan menyajikan beragam menu berbuka dengan berbagai macam varian makanan dan minuman yang sangat spesial dan sengaja di buat hanya untuk berbuka puasa.

Dibalik keistimewaan cita rasa menu berbuka puasa ada seorang ibu rumah tangga yang repot menyiapkan semua sajian menu buka puasa yang spesial bagi keluarganya. Beberapa jam sebelum waktu berbuka para ibu rumah tangga di pusingkan mencari menu apa yang akan dimasak untuk keluarganya, dan tentunya cocok dan enak untuk di hidangkan pada waktu adzan Maghrib tiba.

Untuk menyambut waktu berbuka puasa, sudah pasti para ibu rumah tangga harus lebih teliti mengenai asupan – asupan baik dan kaya nutrisi yang diperlukan untuk menggantikan nutrisi  tubuh selama menjalani puasa di siang hari. Hidangan menu untuk berbuka puasa yang baik sudah pasti adalah makanan yang sehat dan bergizi.

Tentu saja para ibu rumah tangga memiliki pandangan tersendiri dalam menentukan menu buka puasa yaitu  pastinya, menu buka puasa yang sederhana dan praktis. Dengan sisa tenaga yang dimilikinya untuk mengolah bahan makanan  menjadi sajian menu yang istimewa saat berbuka puasa.

1. Berbuka Dengan Buah Kurma

Sesuai sunah Rasulullah shallallahu alaihi wasallam, dahulukan buka puasa dengan makan kurma dalam jumlah ganjil selepas adzan Maghrib. Kurma memang ampuh untuk mengembalikan energi yang hilang saat berpuasa. Hal ini berkat kandungan glukosa, fruktosa dan sukrosa yang ada di dalamnya.

Buah kurma yang dianjurkan saat berbuka adalah yang lembek dan manis dengan kandungan karbohidrat yang berfungsi mengembalikan energi dalam tubuh.

2. Awali Berbuka Dengan Minum Air Putih

Ada baiknya segera minum segelas air putih hangat atau biasa untuk menyegarkan tenggorokan dan mengembalikan cairan tubuh yang hilang saat berpuasa.

3. Minum Minuman Yang Manis

Setelah berbuka dengan segelas air putih, barulah anda bisa mengonsomsi  minuman yang mengandung gula atau santan seperti es buah, yang pastinya sangat menyegarkan. Fungsi dari minuman manis adalah meningkatkan kadar gula dalam tubuh yang dapat menyetabilkan energimu. Tapi ingat ya! Jangan kebanyakan minuman manis ya!

4. Makan Makanan Tinggi Protein

Pastikan kamu tidak langsung mengonsumsi makanan berat saat membatalkan puasa agar perutmu tidak kaget menerima lauk-pauk berat setelah seharian kosong.
Konsumsi makanan mengandung protein tinggi seperti daging, ikan, tahu, tempe dan telur. Selain mengandung protein yang tinggi makanan – makanan tersebut juga kaya gizi.

5. Salad

Makanan sehat lain yang dapat Anda coba ialah salad. Meski terlihat ringan, tetapi mengonsumsi salad sayur juga cukup mengenyangkan kok. Terlebih lagi, kalau Anda menambah telur di atasnya. Perpaduan sayur dan protein ini sangat tepat untuk menjaga kesehatan tubuh pada saat Ramadan.

6. Buah – Buahan

Jangan lupa mengonsumsi buah-buahan selepas mengonsumsi makanan berat untuk mengisi kebutuhan serat dan vitamin dalam tubuh. Buah-buahan akan membantu tubuhmu memproses makanan dengan baik dan melancarkan pencernaan.

Menu Buka Puasa Sederhana, Murah Dan Praktis Favorit Semua Kalangan 

Berbagai jenis makanan kita tulis untuk dipersiapkan sebagai menu buka puasa. Makanan-makanan tersebut merupakan bagian dari menu favorit kita atau yang sedang dibayangkan pada siang hari.

Bisa membeli secara instan, bisa pula membuatnya sendiri. Tetapi, dari sekian banyak menu favorit selama bulan puasa, ada lima menu buka puasa yang paling sering dicari ketika azan Magrib berkumandang.

1. Gorengan

Selain simple, rasa gorengan yang enak membuat banyak orang ketagihan. Sebagian orang merasa bahwa makan gorengan saja sudah cukup untuk menghilangkan rasa lapar, dibandingkan langsung mengonsumsi makanan berat. Anda bisa mengonsumsi pisang goreng, ubi goreng, tahu isi, tempe goreng, roti goreng maupun bakwan untuk mengganjal perut.

2. Teh manis hangat

Gorengan dan teh manis hangat menjadi pasangan ideal saat berbuka puasa. Mereka dapat menggantikan energi yang hilang saatsetelah seharian beraktivitas dalam kondisi puasa

3. Kurma, tiga buah cukup

Sesuai sunah Rasulullah shallallahu alaihi wasallam, dahulukan buka puasa dengan makan kurma dalam jumlah ganjil selepas adzan Maghrib. Kurma memang ampuh untuk mengembalikan energi yang hilang saat berpuasa. Hal ini berkat kandungan glukosa, fruktosa dan sukrosa yang ada di dalamnya.

4. Kolak 

Mungkin ini adalah menu buka puasa favorit  keluarga di indonesia. Selain segar, kolak juga mengenyangkan dan sehat karena didalamnya terdapat buah – buahan yang mengandung karbohidrat dan nutrisi – nutrisi lain yang dapat menghilangkan rasa lapar serta mengisi energi seketika.

5. Ikan Lele Goreng dan Sambal Tomat

Ikan lele greng atau yang biasa dikenal dengan pecel lele. Isi dari menu yang satu ini adalah ikan lele goreng yang disajikan bersama sambal tomat. menu yang satu ini sangat mudah dijumpai dipinggir jalan dengan harga yang terjangkau. Tapi kalau memang ingin membuatnya sandiri dirumah, bahan – bahan dan cara pembuatannya pun sederhana.

6. Nasi Goreng Telur

Nasi goreng telur adalah menu masakan yang sangat sederhana. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat nasi goreng hanya nasi putih, bawang merah, bawang putih, garam, merica, kecap manis, telur dan minyak goreng. Namun, Anda juga menambahkan lauk berupa potongan ayam atau baso sapi.

Akan tetapi saya tidak menyarankan anda untuk menyantapnya saat sahur karena akan membuat anda cepat haus.

7. Pecel

Rasa dan tampilan pecel memang sedikit mirip dengan karedok khas jawa barat. Pecel ini merupakan menu berbuka yang praktis dan mudah. Yakni anda hanya perlu membeli sayuran seperti kangkung, tauge dan kacang panjang. Kemudian anda bisa beli bumbu pecel jadi atau membuatnya sendiri.

Untuk membuat pecel yang nikmat  sekaligus dengan bumbunya anda hanya perlu merogoh kocek 10 ribu saja.selain murah, pecel juga merupakan menu berbuka yang kaya vitamin karena didominasai oleh sayur – sayuran.

8. Tahu-Tempe Goreng dan Sambal Kecap

Anda pasti setuju bahwa makanan yang satu ini masuk ke dalam jajaran menu buka puasa praktis dan murah. Ya, tahu dan tempe goreng adalah makanan khas Indonesia yang harganya sangat murah.

Mengolah tahu-tempe goreng sangatlah mudah. Tahu dan tempe mentah direndam dalam air garam dan bawang putih selama beberapa menit. Kemudian, goreng tahu dan tempe dalam minyak panas hingga warnanya kekuningan. Sajian tahu-tempe goreng dan sambal kecap ini hanya menghabiskan dana 5 ribu rupiah saja.

9. Tumis Sayuran

Menu sehat yang satu ini sangat cocok untuk disantap saat berbuka puasa. Anda bisa menggunakan sayuran favorit Anda, seperti kangkung, tauge, sawi, bayam, dan brokoli. Bumbu untuk menumis sayuran ini hanyalah bawang merah, bawang putih, garam, merica, dan sedikit kecap asin.

Kemudian, Anda juga bisa menambahkan bahan tambahan, seperti udang atau telur puyuh, ke dalam tumis sayuran ini. Tumis sayur tanpa lauk ini hanya membutuhkan dana sekitar 5-7 ribu rupiah, tergantung pada banyaknya sayuran yang Anda masak.

10. Telur Penyet dan Sambal Terasi

Telur penyet ini bisa berupa telur rebus yang digoreng, telur mata sapi, atau telur dadar. Kemudian, Anda hanya perlu membuat sambal terasinya sebagai pendamping. Untuk membuat menu makanan ini, Anda hanya perlu menyediakan uang 7 ribu rupiah saja.

Telur penyet dan sambal terasi ini sangat nikmat disantap dengan sepiring nasi putih hangat apalagi ditambah dengan kerupuk. Maka menu yang satu ini menjadi lebih nikmat.

11. Sup Kacang Merah

Mencari menu buka puasa praktis dan murah yang juga bergizi? Anda bisa membuat sup kacang merah. Bahan-bahan yang diperlukan untuk memasak sup kacang merah adalah kacang merah segar, wortel, bawang merah, bawang putih, merica, garam, dan kaldu ayam atau sapi.

Nah, langkah selanjutnya adalah Anda harus merebus 1 liter air ini bersama kaldu instant sampai air berkurang menjadi tinggal 750 ml saja. Sembari menunggu, Anda dapat menumis bawang dengan sedikit minyak goreng sampai harum. kemudian, masukkan bawang dengan kacang merah dan wortel ke dalam air kaldu tersebut. Jika Anda memiliki dana lebih, Anda bisa menambahkan sedikit daging sapi ke dalam sup kacang merah ini.

12. Sayur Bening

Salah satu menu yang praktis dan murah untuk hidangan buka puasa maupun sahur adalah sayur bening. Bahan-bahan untuk membuat sayur bening adalah bayam, jagung, kunci (rempah-rempah), bawang merah, bawang putih, garam, gula, dan merica.

Sejatinya, sayur bening ini lebih nikmat jika disantap dengan bakwan jagung. Sayangnya, resep untuk membuat bakwan jagung sedikit rumit dan membutuhkan waktu yang lama. Akan tetapi, sayur bening ini bisa disantap bersama ikan pindang goreng atau ikan mujair goreng sebagai lauknya.

13. Soto

Makanan berkuah yang utama bisa anda coba adalah soto. Kuah soto yang gurih dan lezat akan semakin nikmat saat dipadukan dengan bahan isian dan pendamping lainnya. Anda  bisa memilih soto ayam, kambing, atau babat sesuai selera.

14. Sayur asem

Suka menu yang segar dari asam? Sayur asem ini cocok untuk anda. Citarasanya sangat unik dan sungguh beragam. Perpaduan dari asin, asam, pedas, dan sedikit manis. Campuran sayur di dalamnya pun bisa disesuaikan selera. Seperti jagung, kacang panjang, nangka muda, labu siam, hingga melinjo. Sehat sekali, kan.

15. Sayur lodeh

Komposisi bahan sayur lodeh ini hampir mirip dengan sayur asem. Yang membedakan adalah beberapa bahan utama wajib serta racikan untuk kuahnya. Sayur lodeh menggunakan santan sehingga rasanya sangat gurih dan lezat disantap bersama sepiring nasi hangat.

16. Sayur sop

Bisa dibilang, sayur sop ini adalah paket komplit untuk makan malam. Selain berbagai sayuran, sayur sop juga dilengkapi dengan sumber protein seperti daging/ayam, seafood, bakso, atau sosis. Sayur sop paling lezat dan menyegarkan saat disantap hangat dengan sepiring nasi dan sambal favorit anda.

17. Bakso

Kalau yang satu ini sih saya jamin jadi favorit hampir semua orang. Apalagi dijadikan menu makan saat berbuka puasa. Wah, dijamin akan sangat memanjakan lidah. Seperti sop, bakso juga cukup lengkat kandungan gizinya. Mulai dari karbohidrat dari mie/bihun, protein dari bakso, hingga serat sayuran dari caisim, tauge, dan daun bawang. Mantap!


Menu Sehat Buka Puasa Yang Mengenyangkan dan Dapat Mengembalikan Energimu Yang Hilang 

Meskipun telah menahan lapar dan haus seharian, tak jarang berat badan kita justru membengkak selama bulan puasa, iya kan?. Penyebabnya, mungkin seringkali kita menyantap makanan berlebihan saat sahur dan berbuka. Padahal, makanan yang enak belum tentu sehat dan bisa mengembalikan energi, malah justru bisa aja mengundang penyakit.

Ada beberapa makanan sehat yang saya rekomendasikan untuk jadi menu buka puasa. Selain sehat, makanan – maknan ini dapat mengembalikan energimu yang hampir hilang karena seharian berpuasa.
Bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, menu buka puasa identik dengan aneka takjil manis dan sajian mengenyangkan seperti kolak, gorengan, hingga nasi lengkap dengan aneka lauk-pauk. Aneka menu makanan tersebut dipercaya dapat mengembalikan energi setelah seharian menahan lapar dan haus.

Meski begitu, ternyata ada pula beberapa orang yang mulai mengurangi konsumsi aneka sajian khas Ramadhan tersebut karena kandungan gula, lemak jenuh dan garamnya yang terbilang cukup tinggi. Seperti yang telah diketahui, kandungan tersebut dapat berdampak kurang baik bagi kesehatan bila dikonsumsi berlebihan dan terus - menerus, bahkan dipercaya menjadi salah satu penyebab meningkatnya bobot tubuh selama Ramadhan.

Namun tak perlu khawatir, saya akan rekomendasikan menu alternatif menyehatkan untuk Ramadhan yang tak kalah lezat. Selain lezat, menu ini juga cocok disajikan sebagai menu buka puasa mengenyangkan bagi kamu yang sedang berdiet.

1. Oatmeal dengan irisan buah

Oatmeal dengan irisan buah bisa dijadikan salah satu menu berbuka puasa yang sehat. Kandungan protein dan seratnya cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dalam tubuh anda.
Dalam 100 gram oatmeal, kamu bisa menemukan 38 kalori, 10 gram serat dan mineral yang dibutuhkan tubuh. Untuk membuat oatmeal yang enak, kamu bisa menambahkan irisan buah-buahan di atasnya. Seperti strawberi yang kaya vitamin C dan pisang sebagai asupan kalori.

2. Smoothies

Terbiasa minum kolak sebagai takjil saat berbuka? Anda bisa coba cara yang satu ini, menggantikan kolak dengan smoothies. Selain lebih sehat smoothies juga tak kalah enak dan mengenyangkan. Kamu bisa membuat smoothies dengan irisan buah dan sayur kesukaanmu yang dipadukan dengan yoghurt segar, cara ini dapat mengembalikan energimu seketika.

Bahkan, minuman segar ini dapat membantu menjaga kesehatan selama berpuasa. Pasalnya, terdapat vitamin c didalam buah yang bisa membantu badan anda tetap fit.

3. Salad sayur dan buah

Selain mengolahnya menjadi smoothies anda juga bisa mengolahnya menjadi salad. Walaupun makanan ini terlihat ringan, tetapi sebenarnya makanan yang satu ini mengenyangkan, kok. Hebatnya lagi , saat makan salad buah dan sayur sebanyak apapun perutmu tidak akan merasakan begah. Makanan sehat ini pun dapat mengembalikan tenaga yang hilang karena berpuasa.

Tidak hanya baik untuk dijadikan menu berbuka salad juga bagus dikonsumsi saat sahur. Karena kandungan vitamin dan protein didalam salad dapat membuat tubuh lebih sehat dan berenergi mesi saat berpuasa.

Agar salad anda terasa lebih lezat anda dapat menambahkan aneka saus seperti yoghurt, perasan air lemon atau honey citrus dressing sauce yang asam manis. Selain itu anda juga dapat menambahkan aneka biji- bijian yang kaya akan serat.

4. Nasi merah 

Jika selama ini anda terbiasa mengonsumsi beras merah, mulai dari sekarang cobalah menggantinya dengan beras merah. Walaupun harganya jauh lebih mahal dari beras putih tapi beras merah mempunyai banyak kelebihan dibandingkan beras putih.

Nasi merang mengandung zat besi yang tinggi  sehingga dapt mengembalikan energi dalam tubuh dengan cepat. Selain itu, beras  merah juga sangat bermanfaat bagi para penderita anemia. Kandungan zat besi yang ada didalam beras merah dapat membantu pembentukan sel darah merah dan tidak akan membuatmu lemas saat berpuasa.

5. Es kelapa

Minuman kemasan sangat tidak dianjurkan saat berbuka puasa. Apalagi minuman yang kadar gulanya tinggi. Sebaiknya anda mengonsumsi air kelapa saat sahur dan berbuka puasa.

Kandungan elektrolit yang tinggi dalam air kelapa dapat menggantikan energi tubuh yang hampir hilang setelah seharian berpuasa. Selain itu, elektrolit juga bisa menggantikan cairan tubuh yang hilang saat sedang beaktivitas.

Air kelapa juga mudah diserap tubuh, sehingga dapat menghidari anda dari dehidrasi. Tips dari saya, jika anda ingin menambah tenaga dan energi dalam waktu singkat , anda bisa menambahkan madu saat meminum air kelapa. Selamat mencoba ya!

6. Sup bayam

Sudah banyak yang mengetahui kalau bayam merupakan gudangnya zat besi. Kandungan zat besi dalam sayuran ini bisa membantu meningkatkan oksigen di dalam tubuh.

Selain itu, kandungan vitamin A dan C yang ada di dalam sayur ini dapat melindungi usus dan saluran pencernaan dari radikal bebas. Anda bisa mengonsumsi sayur ini dengan nasi hangan dan sambal, mantap bukan?

7. Capcay kuah

Capcay dengan berbagai sayuran memang bisa dijadikan menu andalan saat berbuka. Vitamin dan mineral yang ada didalam capcay ampuh mengembalikan energi seketika. Sehingga anda tidak perlu takut mengalami konstipasi karena sedang berpuasa.

8. Nasi jagung dengan lauk tradisional lezat

Nasi jagung adalah salah satu menu tradisional yang dapat kamu sajikan sebagai hidangan berbuka yang sehat. nasi jagung terbuat dari jagung tua yang ditumbuk lalu dikukus hingga matang, kandungan serat yang ada pada jagung dapat memperlancar sistem pencernaan sehingga ibadah puasa anda bisa lebih maksimal.

Selain itu, kandungan zat besi pada jagung juga dapat  mencegah dan mengurang i resiko anemia atau kekurangan darah. Agar lebih nikmat anda bisa memadukan nasi jagung ini dengan aneka lauk pauk seperti ayam goreng, tumisan dan sambal pedas.

9. Kentang tumbuk creamy 

Kentang tumbuk atau mashed potato sangan cocok disajikan sebagai menu berbuka puasa selain lezat menu yang satu ini juga dapat dijadikan sebagai pengganti nasi yang mengenyangkan.

Selain kaya akan kerbohidrat dan serat pangan, kentang juga mengandung karotenoid yang dapat meningkatkan kesehatan jantung. Saya akan menjelaskan secara singkat cara pembuatannya. Pertama haluskan kentang yang telah dikukus bersama mentega, keju parut dan susu cair lalu aduk hingga teksturnya menjadi lengket. Kentang tumbuk creamy dan gurih akan lebih nikmat bila disajikan dengansteak atau irisan daging panggang.

10. Nasi goreng quinoa yang tinggi serat

Sesuai dengan namanya, nasi goreng quinoa terbuat dari biji quinoa yang direbus lalu ditumis bersama dengan bumbu nasi goreng seperti bawang dan cabai.

Selain unik, nasi goreng quinoa juga lebih menyehatkan karena kandungan serat, protein dan asam amino esensialnya yang dapat meningkatkan kualitas kesehatan dan mempercepat pembentukan jaringan tubuh yang baru.

Agar kandungan gizi pada nasi goreng quinoa lebih seimbang anda bisa mengombinasikannya dengan brokoli, sawi, wortel atau aneka daging yang tinggi protein.

11. Sup makaroni penghangat badan

Sup makaroni yang hangat dapat menjadi alternatif menu buka puasa yang sehat dan ringan tapi mengenyangkan. Selain itu, makaroni juga dapat mengembalikan energi serta membuat perut kenyang lebih lama karena indeks glikemiknya yang rendah.

Indeks glikemik yang rendah dapat membuat proses penyerapan glukosa menjadi lebih lambat.agar lebih sehat dan nikmat anda bisa memadukan sup makaroni ini dengan sayuran, potongan daging ayam, ikan atau udang.

12. Bihun goreng berpadu sayuran yang segar

Bagi kamu pecinta makanan indonesia, menu yang satu ini bisa jadi menu andalan. Bihun goreng dapat dijadikan menu pengganti nasi yang cocok disajikan saat buka puasa. Selain tekstur kenyalnya yang dapt meningkatkan nafsu makan, bihun juga termasuk olahan makanan yang memiliki indeks glikemik rendah yang dapat mengenyagkan perut lebih lama.

13. Pasta dengan saus Aglio e Olio nan gurih

Pasta aglio e olio bisa dijadikan menu buka puasa yang cocok bagi kamu yang sedang mengurangi konsumsi nasi atau saus berbahan susu. Selain teksturnya yang kenyal dengan perpaduan saus gurih, proses pembuatannya yang mudah juga akan membuat persiapan buka puasa menjadi lebih singkat.

Cukup rebus pasta hingga al dente lalu siram dengan saus aglio e olio yang terbuat dari tumisan bawang putih, cabai kering dan parsley. Kamu juga dapat menambahkan tumisan udang atau daging ayam.

Jangan lupa untuk membagikan Aneka Resep Dan Tips Rempeyek Teri Yang Renyah Dan Gurih kepada teman, saudara serta kerabat anda. Dan tulis dikolom komentar menu masakan apa yang anda innginkan untuk saya bagikan selanjutnya.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Tips & Trik

ANEKA RESEP OLAHAN DAGING SAPI SPESIAL YANG PRAKTIS DAN MUDAH

ANEKA RESEP OLAHAN DAGING SAPI SPESIAL YANG PRAKTIS DAN MUDAH Mengonsumsi masakan hasil sendiri memang terasa berbeda dan membanggakan...